Selasa, 28 April 2009

Faktor-faktor yang mempengaruhi teori kepribadian :

Faktor-faktor yang mempengaruhi teori kepribadian :
  1. Tradisi observasi klinik, mulai dari Charcot dan Janet, termasuk Freud, Jung, dan McDougall, paling banyak menentukan hakekat teori kepribadian melebihi satu faktor tunggal lain manapun.
  2. Tradisi Gestalt dan William Stern. Para teoritikus ini sangat terkesan dengan kesatuan tingkahlaku, dan karena itu yakin bahwa penelitian yang bersifat segmental atau terpisah-pisah tentang unsur-unsur kecil tingkahlaku sama sekali tidak akan dapat menjelaskan.
  3. Psikologi eksperimental secara umum dan teori belajar pada khususnya. Gerakan ini memunculkan perhatian yang lebih besar terhadap penelitian empiris yang dikontrol dengan teliti, pemahaman yang lebih baik terhadap hakekat penyusunan teori, serta pengetahuan yang lebih terinci tentang cara-cara mengubah tingkahlaku.
  4. Tradisi psikometrik yang berfokus pada pengukuran dan penelitian tentang perbedaan-perbedaan individu. Sumber ini telah meningkatkan kecanggihan dalam menyusun skala atau mengukur dimensi-dimensi tingkahlaku dan menganalisis data secara kuantitatif.
Pengaruh-pengaruh lain bersumber dari genetika, positivisme logis, dan antropologi sosial, tetapi tidak sebesar pengaruh keempat faktor di atas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar